Lion Air Bertingkah Lagi

Malam sekitar jam 20;30 wib situasi di bandara Int'l Soekarno-Hatta khususnya di Terminal 1A tidak berjalan seperti biasanya. Para penumpang Pesawat Lion Air yang dengan muka penuh emosional berkumpul di depan Counter Check-In untuk mencari kepastian pemberangkatan pesawat yang di tumpanginya kepada petugas pasasi. Yups, maklum malam ini pesawat lion Air yang mereka tumpangi terjadi keterlambatan lagi dan sudah ada beberapa jam belum ada kepastian dari pihak yang terkait atau Manajer dari Industri Penerbangan tersebut. Menurut beberapa penumpang yang didengar keterangannya, mereka mengeluhkan keterlambatan pada penerbangan Lion Air yang tidak jelas informasinya dan seolah-olah mereka dipermainkan oleh petugas lion Air sehingga memancing emosi penumpang yang lain.

selang beberapa waktu kemudian, ada pilot dan pramugari dari Lion Air baru turun dari pesawat dan diberi tugas untuk melanjutkan perjalanannya ke tujuan yang mengalami keterlambatan. Namun, para penumpang menolak karena dikhawatirkan pilot tersebut sudah mengalami kecapaian dan ditakutkan akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan apabila dipaksakan untuk berangkat lagi. Kalau dilihat dari segi prosedur juga perlu diketahui bahwa sudah tidak memenuhi Standar Operasional Prosedur dalam industri penerbangan baik nasional dan internasional karena menyalahi jadwal kerja lapangan.

Apabila sistem penanganan penerbangan seperti adanya keterlambatan keberangkatan pesawat yang sering terjadi di Indonesia tidak segera di perbaiki maka tidak menutup kemungkinan akan mengalami kemunduran. Seringnya terjadi miskomonikasi yang diinformasikan ke penumpang menjadi salah satu pemicu buruknya penanganan apabila terjadi hal-hal yang demikian. Keterlambatan Pesawat yang selama ini sering terjadi dalam industri penerbangan kita besar kemungkinan terjadi karena ada beberapa hal seperti gangguan cuaca, adanya kerusakan pada peralatan pesawat dan atau kekurangan armada dll

Mungkin harapan saya kepada pemilik Angkutan Penerbangan seharusnya lebih mengutamakan pelayanan yang baik dan juga ketepatan waktu keberangkatan serta adanya kepastian informasi apabila ada ha-hal yang sekiranya dapat mengganggu perjalanan calon penumpang sehingga Penumpang tidak merasa hak-haknya diabaikan dan ditelantarkan demi meraup keuntungan semata. Kami juga mengharap kepada Menteri perhubungan selaku kontrol dalam dunia penerbanagan agar memberikan sanksi yang tegas apabila ada industri penerbangan yang secara terang-terangan mengabaikan hak para pengguna jasa penerbangan dan tidak memandang bulu dalam mengambil tindakan.

Komentar

Postingan Populer